Rabu, 10 Maret 2010

OSTEOPOROSIS


Apakah Osteoporosis itu?
 Osteoporosis adalah penyakit rapuh tulang yang biasanya banyak mengenai wanita usia 50 tahun atau lebih, ditandai dengan hilangnya massa tulang secara berlebihan, sehingga tulang menjadi lemah dan tidak tahan terhadap tekanan, serta mudah patah
 Siapakah yang dapat terkena Osteoporosis?
 Baik pria maupun wanita dapat menderita osteoporosis namun kaum wanita memiliki resiko lebih tinggi terhadap Oteoporosis, wanita yang telah mengalami menopause cenderung lebih mudah menderita Osteoporosis.
 Siapakah yang berisiko tinggi menderita Osteoporosis?
 - Para lanjut usia
- Wanita dengan usia lebih dari 50 tahun atau wanita yang telah menopause.
- Mereka yang jarang melakkan aktivitas fisik/jarang berolahraga
- Pencandu alkohol, kopi, dan rokok
Apakah gejala penyakit Osteoporosis?
 Sayangnya Osteoporosis seringkali tidak menunjukkan gejala, sehingga orang tidak menyadari telah menderita Osteoporosis. Nyeri tulang atau patah tulang biasanya merupakan tanda awal diketahuinya pe-nyakit tersebut. Patah tulang terjadi didaerah pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan.  
 Apa yang harus anda perhatikan?
Merupakan suatu berita baik bagi para usia lanjut, karena penyakit Osteoporosis ini dapat dicegah dan juga dapat diobati. Karena itu selagi anda masih muda ...
  Perhatikan makanan anda, makanlah makanan yang bergizi dan mengandung kalsium cukup seperti sayur, ikan dan susu
· Lakukan aktivitas fisik olahraga
· Kurangi minuman beralkohol atau me-ngandung kafein
Pada saat ini penderita Osteoorosis dapat diobati. Karena itu bila anda mendapatkan gejala seperti yang dijelaskan terdahulu, segera hubungi dokter anda.

Tidak ada komentar: